6 Manfaat Buah Manggis Yang Bisa Didapatkan Ibu Hamil

Image result for 6 Manfaat Buah Manggis Yang Bisa Didapatkan Ibu Hamil

Tidak banyak orang yang mengetahui jika buah manggis bermanfaat untuk ibu hamil.Buah manggis memang terlihat sangat unik dan menarik hati karena memiliki kulit tebal berwarna merah. Daging buahnya berwarna putih bersih dan berasa sangat manis sehingga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Daging buah manggis ini tidak hanya manis tetapi juga dapat menyegarkan terlebih pada saat cuaca sedang panas. Seringnya kita lihat ibu hamil yang mengkonsumsi buah manggis untuk meringankan rasa mual dan muntahnya. Tetapi disisi lain adanya orang yang mengatakan jika mengkonsumsi buah manggis pada saat sedang hamil dapat membahayakan kehamilan. Meski adanya beberapa orang yang mengatakan jika buah manggis terlarang untuk ibu hamil.Tetapi jika kita melihat kandungan nutrisi yang ada didalamnya, justru dengan mengkonsumsi buah manggis ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Berikut 6 manfaat buah manggis yang bisa didapatkan ibu hamil diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mencegah Cacat Pada Janin

Manggis mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh janin untuk membantu didalam perkembangan janinnya, terlebih pada saat akan membentuk jaringan otak dan tulang belakang. Didalam setiap 50 gram daging buah manggis maka akan disumbangkannya asam folat sebanyak 65 mikrogram sehingga ibu hamil sangat cocok mengkonsumsi buah manggis.

  1. Membantu Pembentukan Tulang Rawan Janin

Dibutuhkannya mangan didalam proses pembentukan tulang rawan baik pada orang dewasa ataupun janin. Disinilah buah manggis berperan penting bagi janin untuk membantunya didalam proses pembentukan tulang rawan karena ada sekitar 0,3 miligram mangan yang terkandung didalam setiap 50 gram buah manggis. Oleh karena itu mulailah untuk mengkonsumsi buah manggis sejak usia kehamilan masih muda.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Buah manggis mengandung vitamin C yang berfungsi dapat meningkatkan sistem imun dan dapat menangkal berbagai serangan penyakit.Buah manggis juga mengandung vitamin C yang tergolong cukup banyak sehingga ibu hamil sangat baik untuk mengkonsumsi buah manggis dalam jumlah yang tidak berlebihan.Kandungan vitamin C ini selain bermanfaat bagi janin tetapi juga dapat menjaga kesehatannya dan dapat menghindarkan diri dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

  1. Mengatasi Sembelit Atau Susah BAB

Keluhan umum yang sering dialami ibu hamil terlebih pada saat usia kehamilannya trimester pertama adalah sembelit. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sembelit ini.Salah satu makanan yang mengandung serat tinggi dan berkhasiat dapat mengatasi sembelit adalah buah manggis.

  1. Membantu Mencegah Preklamsia

Keluhan kehamilan yang paling ditakuti oleh setiap ibu hamil adalah Preklamsia.Pasalnya Preklamsia ini tidak hanya membuat ibu hamil merasa tidak nyaman tetapi juga dapat membahayakan kesehatan janin.Dan bahkan dampak buruk dari dialaminya Preklamsia ini adalah bayi terlahir cacat ataupun keguguran.Terjadinya Preklamsia ini biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dan hipertensi.Oleh karena itulah dibutuhkannya buah manggis yang dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah dan penyerapan protein dapat berjalan optimal.

Itulah 6 manfaat buah manggis yang bisa didapatkan ibu hamil. Manfaat manggis untuk ibu hamil ini dapat dirasakan jika ibu hamil mengkonsumsinya secukupnya saja. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan maka kemungkinannya akan menimbulkan berbagai macam kemungkinan buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *