Apa Itu Lemah Jantung? Apakan Kalian Memilikinya?

Apa Itu Lemah Jantung? Apakan Kalian Memilikinya?

Apa itu lemah jantung?

Lemah jantung adalah istilah untuk berbagai masalah pada jantung, terutama kardiomiopati yang merupakan penyakit di mana otot jantung melemah, merenggang, atau memiliki masalah pada strukturnya. Kondisi ini sering terjadi saat jantung tidak dapat memompa atau berfungsi dengan baik. Kardiomiopati dapat berkembang menjadi gagal jantung, Kardiomiopati umumnya memiliki 4 jenis dan 1 jenis yang tidak terklasifikasi: dilated cardiomyopathy, hypertrophic cardiomyopathy, arrhythmogenic right ventricular dysplasia (ARVD) dan restrictive cardiomyopathy.

 

Lemah jantung sangat umum terjadi, dan bisa dialami semua usia. Kardiomiopati menyerang pria dan wanita dengan jumlah yang sama, sekitar 1 dari 500 orang mengalaminya. Lemah jantung dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko.

Apa saja tanda-tanda dan gejala lemah jantung?

Apabila kardiomiopati memburuk, jantung akan melemah. Lemah jantung cenderung memiliki tanda-tanda dan gejala dari gagal jantung, seperti:

Sesak napas atau kesulitan bernapas, terutama dengan aktivitas fisik yang berat

Kelelahan

Pembengkakan pada pergelangan kaki, telapak kaki, kaki, perut dan urat pada leher

Gejala lainnya dapat meliputi pusing-pusing, pingsan saat beraktivitas, aritmia (detak jantung tak teratur), nyeri dada terutama setelah beraktivitas berat atau makan banyak, suara-suara yang menyertai detak jantung

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami salah satu  gejala diatas, segara konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *