Bagaimana Cara Menghilangkan Stretch Mark di Paha?

 

Menurut American Academy of Dermatology, stretch mark ini tidak muncul pada semua orang. Faktor yang paling penting adalah meningkatnya hormon secara tiba-tiba dan riwayat keluarga bila pernah mengalami hal ini.

Bila Anda tiba-tiba melihat adanya stretch mark pada tubuh Anda ada kemingkinan Anda sedang berada dalam fase berikut ini :

  1. Pubertas
  2. Kenaikan berat badan yang ekstrim
  3. Penurunan berat badan yang ekstrim
  4. Kehamilan
  5. Pertumbuhan otot yang cepat karena aktivitas angkat berat

Mulanya stretch mark ini muncul dengan warna merah, keunggu-unguan, coklat kemerahan, hingga coklat agak tua, tergantung warna dasar kulit Anda. Pada sebagian orang terkadang disertai rasa gatal saat stretch mark ini muncul.

Meski tidak berbahaya, stretch mark ini tidak disukai orang-orang karena sangat mengganggu penampilan. Terutama oleh kaum wanita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memudarkan stretch mark ini sehingga nyaris tidak terlihat. Yuk kita beberapa caranya :

Mengoleskan Gel Vit E

Vitamin E ternyata dapat meningkatkan kecepatan produksi sel pada kulit (regenerasi sel kulit), sehingga bisa membantu memudarkan stretch mark.

Yang menjadi kulit bisa mempercepat pemulihannya tidak lain adalah kandungan antioksidan pada vitamin E tersebut. Hasilnya, sel kulit baru ini dapat memulihkan dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak atau jaringan yang terkena stretch mark. Semakin tinggi kecepatan memperbaiki jaringan oleh vitamin E ini, maka semakin cepat juga stretch mark bisa menghilang.

Gel vitamin E ini bisa kita dapat di supermarket supermarket besar yang ada di kota kita. Bila tidak ada, kita bisa menggunakan produk kecantikan lain yang memiliki kandungan vitamin E berlebih.

 

 

Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah nama ilmiah dari kegiatan mengupas bagian kulit terluar. Kita mungkin juga pernah melakukannya, hanya saja dengan nama ilmiah ini menjadi asing ditelingga kita. Salah satu kegiatan Eksfoliasi yang kita lakukan bila kita menggunakan body scrub.

Bagi sebagian orang eksfoliasi memberikan dampak yang kurang bagus, tergantung jenis kulit mereka. Ada yang setelah melakukan eksfoliasi ini menjadi mudah ditumbuhi jerawat. Ada juga yang kulitnya langsung memerah, karena tipisnya lapisan kulit yang dimiliki.

Pada dasarnya ada 2 jenis eksfoliasi kulit, yanitu dengan menggunakan bahan kimia dan juga menggunakan alat. Masing-masing punya plus dan minus tersendiri disesuaikan dengan keadaan kulit Anda.

  • Eksfoliasi yang dilakukan dengan alat misalnya dengan sikat atau spons. Bisa dilakukan saat kita mandi
  • Eksfoliasi yang menggunakan bahan kimia contohnya adalah saat menggunakan bahan yang mengandung asam hidroksi untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

 

Mikrodermabrasi

Selain Eksfoliasi ada juga metode lain yang dikenal dengan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi dilakukan dengan cara menyemprotkan kulit dengan butiran Kristal yang sangat kecil. Metode ini sering digunakan oleh wanita dengan usia kisaran 40 tahun, atau wanita dengan lapisan kulit yang tebal.

Mikrodermabrasi ini cukup lembut di kulit dan tidak meninggalkan bekas luka pada kulit. Kulit Anda bisa terasa lebih kencang, terlihat memerah dan kering saat melakukan mikrodermabrasi. Maka dari itu metode mikrodermabrasi ini harapannya lebih pas bila dilakukan oleh orang yang memiliki kompetensi khusus atau sudah tersertivikasi oleh badan sertivikasi sah.

Dengan beberapa cara menghilangkan stretch mark diatas, semoga Anda bisa memilih kira-kira metode mana yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan pas bila diimplementasikan kepada Anda. Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *