Begini Cara Mendapatkan Rumah Dijual Murah dengan REO

rumah dijual murah

Apa yang terjadi dengan rumah agunan yang kemudian menjadi NPL (Non Performance Loan) atau kredit macet. Tentu saja bank atau lembaga keuangan di mana rumah agunan itu mengalami NPL akan sesegera mungkin menjual rumah agunan itu. Proses dari kredit macet biasanya juga cukup menyita waktu lama. Di lain sisi bank atau lembaga keuangan ingin cepat menutupi kerugian akibat kredit macet dengan rumah dijual murah.

Solusi tercepatnya ialah mengikutkan agunan dalam fair lelang agunan. Namun apakah anda tahu jika dalam fair lelang pun belum tentu agunan berupa rumah itu akan cepat laku. Bagi anda yang jeli dan sedang mencari rumah dijual murah ini. Nah, jika tidak laku dalam balai lelang maka opsi lain yang biasanya diambil oleh bank ialah “menitipkan” rumah dijual murah agunan atau rumah sitaan ini ke developer atau agen perumahan untuk mereka jualkan.

Tentu saja setelah menjalani beberapa tahapan penyitaan legal. Rumah hasil sitaan akan dijual lagi dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. Dan yang menarik, jika beruntung, Anda bisa mendapatkan rumah dijual murah dengan harga setengah dari harga pasaran. Tentu terlepas dari lokasi, fasilitas dan lain sebagainya. Rumah sitaan atau rumah agunan tersebut disebut REO (Real Estate Owned).

Bank yang gagal menjual REO akan menitipkannya ke agen properti yang akan mencatatnya dalam daftar stoknya untuk dijual kembali oleh agen properti. Bagi anda masyarakat yang mengidamkan runah dijual murah maka Membeli REO akan lebih mudah daripada membeli langsung dari pemilik rumah. Karena jika anda membeli melaui pemilik rumah biasanya akan diikutkan harga pasaran. Itu jika anda tahu langkah yang harus dilakukan dan cara pembelian REO yang tepat.

Hal mendasar yang wajib anda lakukan ialah mencari info mengenai REO yang sedang ditawarkan. Dalam hal ini Ada 3 tempat untuk mencari REO. Yang pertama ialah properti MLS (Multiple Listing Service) REO, kemudian ada web bank yang memasang daftar stok REO di laman mereka. Nomer tiga yakni Dalam situs web jasa penjualan rumah dijual murah hasil sitaan atau impounded list house. Ketik saja di google maka akan ada banyak pilihan yang tersedia. Atau bisa mencarinya melalui Urbanindo.

Sekiranya anda Setelah mendapatkan informasi tentang REO, dari ketiga kanal di atas maka mintalah persetujuan awal pemberian pinjaman kepada bank. Ini layaknya proposal pinjaman biasa. Kemudian Bank akan memberikan persetujuan. Biasanya bank akan setuju jika mereka telah menganalisis laporan keuangan dan menilai kredit calon debitur. Setelahnya bank akan menerbitkan surat keterangan penarikan pinjaman (diberikan kreditur tanpa analisis kredit calon debitur).

Jika anda bingung dengan prosesnya anda bisa langsung ke agen real estate guna mengetahui prosesnya. Mereka akan sangat kooperatif dalam hal ini.