Berikut Ini Resep Sayur Asem Khas Betawi Yang Harus Anda Coba

Berbicara soal sayur asem, pasti pikiran kita akan tertuju pada daerah Jawa Barat. Ya hal itu memang benar adanya, bahwa sayur asem ini memang identic sebagai makanan khas Sunda. Tak hanya di Tanah Pasundan saja, setiap daerah yang ada di Indonesia ini juga memiliki resep tersendiri dalam penyajian sayur asem tersebut.

Setelah membahas tentang beberapa resep sayur asem Khas Sunda, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang resep masakan sayur asem khas Betawi yang lezat dan menyegarkan. Bagi anda yang menyukai sayur asem Khas Betawi bisa mencoba resep di bawah ini di rumah. Adapun cara pembuatannnya adalah sebagai berikut ini :

Bahan-Bahan yang harus anda persiapkan :

– 1 bungkus sayuran asem

– 200 gram kacang tanah

– 2 buah cabe merah besar

– 3 buah cabe rawit merah

– 5 siung bawang merah

– 4butir kemiri

– 1 ruas terasi

– 3 cm lengkuas

– 2 lembar daun salam

– 1,5 liter air

– 1 sdm garam

– 1 sdt kaldu bubuk

– 1 sdt gula merah

– Asam buah / asam jawa secukupnya

Langkah Pembuatannya :

  1. Pertama cuci bersih sayuran, kemudian potong-potong. Lalu pisahkan sayuran keras (jagung, melinjo, nangka, labu, papaya), sayuran lunak (daun melinjo, kacang panjang).
  2. Bumbu halus : cabe merah besar, cabe rawit merah, bawang merah, terasi, dan kemiri.
  3. Kemudian siapkan panci ukuran sedang, lalu masak air hingga setengah matang, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam. Kemudian tunggu sampai mendidih, masukkn sayuran keras dan kacang tanah, masak sampai empuk, lalu masukkan sayuran lunak, garam, kaldu bubuk, gula merah.
  4. Sayur asem Khas betawi yang enak dan gurih siap untuk disajikan

Itulah resep sayur asem dari daerah Betawi yang rasanya lezat dan menyegarkan. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuat resep sayur asem khas Betawi tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *