Cara Mempercepat Pembukaan dengan Alami Tanpa Bantuan Medis

Pada umumnya, cara mempercepat pembukaan yang dilakukan oleh calon ibu membutuhkan bantuan medis seperti suntik induksi yang berguna untuk memancing kontraksi. Namun tahukah Anda bahwa hal tersebut juga bisa dilakukan secara manual tanpa melibatkan pihak medis? Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Olahraga Ringan

Gerakan sederhana sangat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Selain berguna untuk kesehatan bayi, hal tersebut juga membantu tubuh sang ibu dalam mempersiapkan dirinya sebelum prosesi melahirkan dilakukan.

Aktivitas ringan seperti berjalan-jalan hingga gerakan jongkok berdiri bisa dilakukan agar bayi semakin turun ke bawah karena efek gravitasi yang dirasakannya. Tekanan kepala bayi pada mulut rahim ini merangsang kontraksi yang berguna untuk mendorong proses pembukaan.

Anda pun bisa menggunakan ball birth sebagai media dalam melakukan olahraga ringan agar lebih nyaman. Gerakannya pun relatif mudah, Anda cukup duduk atau jongkok di atas bola.      Selain berguna untuk membantu mempercepat pembukaan, penggunaan ball birth ini juga berguna untuk membantu menyiapkan otot tubuh dan meringankan kecemasan Anda.

Memberi Rangsangan Payudara

Salah satu cara mempercepat pembukaan yang bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa banuan medis adalah memberi rangsangan pada puting payudara. Cara ini merupakan salah satu cara efektif untuk dilakukan karena saat rangsangan terjadi, maka tubuh akan melepaskan oksitosin pada aliran darah yang berguna untuk memicu kontraksi dan pembukaan rahim.

Anda bisa memberi rangsangan dengan pijitan ringan menggunakan jari-jari atau menggunakan bantuan pompa payudara. Hal ini akan lebih baik apabila Anda melakukannya sembari mengalirkan air hangat dan mengarahkannya ke puting untuk semakin memicu ransangan.

Teknik Akupuntur

Selain memberi rangsangan pada payudara, Anda pun bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tubuh tertentu untuk membantu mempercepat terbukanya mulut rahim. Titik yang bisa Anda tekan diantaranya adalah sela ibu jari dan telunjuk atau beberapa cm di atas pergelangan kaki. Cara ini bisa membantu serviks dalam melakukan pembukaan.

Berhubungan Intim

Berhubungan badan dengan pasangan juga bisa membantu mempercepat terbukanya leher rahim. Hal ini disebabkan karena cairan yang dikeluarkan saat ejakulasi mengandung prostaglandin, dimana senyawa ini biasa digunakan untuk induksi medis agar mempercepat kontraksi. Prostaglandin ini berguna untuk membantu pelebaran serviks terjadi lebih cepat.

Buang Air Kecil dengan Teratur

Walau terlihat sederhana, ternyata buang air kecil secara teratur dapat membantu mempercepat pembukaan. Kandung kemih yang penuh bisa mengakibatkan tekanan pada serviks yang berakibat menghambat kontraksi.

Cara mempercepat pembukaan memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap orang, oleh karena itu kenali kondisi tubuh dan bila perlu konsultasikan dengan dokter pribadi. Anda pun bisa memperkaya pengetahuan mengenai hal apa saja yang tidak dan disarankan menjelang prosesi melahirkan dengan membaca artikel dari orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *