Cara Mengemudi Mobil Matic

cara mengemudi mobil matic

Sebelum anda menginjak cara mengemudi mobil matic anda terlebih dahulu harus memperhatikan beberpa hal penting wajib anda ketahui, yang pertama adalah seberapa lama anda mengemudi mobil manual? Jika sudah lama tentu akan mempercepat proses mengemudi mobil matic ini, karena salah satu hal paling penting dalam mengendarai mobil adalah ketrampilan, dan ketrampilan ini meliputi konsentrasi saat mengemudi dan koordinasi gerak motorik dalam otak anda dengan baik. Hal ini untuk memperhatikan lalu lintas yang ada. Tentunya bukan hanya itu saja anda juga harus konsentrasi terhadap banyak hal seperti lalu lintas, pengaturan kopling dan persneling yang harus di perhatikan saat dijalan dan juga saat mengatur kecepatan mobil dijalan. Meskipun hal tersebut terjadi jika anda mengemudikan mobil manual namun jika anda mengemudi mobil matic anda juga harus memperhatikan hal tersebut meskipun tidak dengan memperhatikan persneling. Jika anda sudah ahli dalam mengemudikan mbil manual tentu saja saat mengemudikan mobil matic anda tidak akan menemui kesulitan, meskipun ada beberapa hal yang harus anda pelajari di mobil matic.

Seperti yang kita ketahui untuk mobil keluaran terbaru banyak yang menggunakan transmisi matic, teknologi ini dklaim sebagai teknologi canggih, meskipun dalam penggunaannya sanat sederhana, pengoprasiannya dan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi si pengguna mobil matic. Cara mengemudi mobil matic tentunya tidak sesulit yang anda bayangkan meskipun begitu ada beberapa aspek penting sebelum anda memperlajarinya, yang perlu anda ketahui pertama dalah mobil matic tidak akan hidup mesinnya jika posisi tuas tidak di P. selain itu saat di jalan mecet dan mesin mati anda perlu tetap diam tidak meloncat seperti jika menggunakan transmisi manual, saat mengganti tuas ke netral. Selanjutnya mobil tidak mundur saat mesin mati ditanjakan, sehingga pengemudi dan penumpang diharapkan tenang, karena matic dibuat juga untuk kenyamanan dan pastinya memperhatikan keamanan penggunanya. Anda perlu memperhatikan monitor di bawah kemudi pada saat konsentrasi mengemudi yang pada monitor tersebut menunjukkan kecepatan kendaraan anda, dan menunjukkan posisi persneling, lampu dan juga bahan bakar.

Dan yang perlu anda ketahui cara mengemudi mobil matic selanjutnya adalah perbedaan antara mobil matic dan juga mobil manual yang tentunya perbedannya terdapat pada jumblah pedalnya, transmisi manual memiliki tiga pedal sementara dengan mobil matic hanya memiliki dua pedal saja dan ada tuas sebagai berikut. P menunjukkan untuk posisi parkir datau bisa juga digunakan pada saat anda terjebak jalanan yang macet, sehingga berhenti yang perkiraan akan lama misalnya lebih dari 10 menit misalnya. Namun pastikan juga tuas persnelling berada pada posisi P saat mobil anda sedang dalam keadaan berhenti.

Return atau R bisa anda gunakan untuk mundur dan N alias netral dapat anda gunakan pada saat jalanan sedang macet sehingga berhenti pengemudi pun juga tidak capek, saat posisi tuas N perlu dibantu dengan rem tangan agar kendaraan anda benar – benar berhenti, nah dalam posisi seperti ini anda perlu melepaskan kaki dari pedal rem maupun gas. Cara mengemudi mobil matic selanjutnya adalah untuk maju, anda bisa mencari simbol D atau drive namun hal ini terdiri dari D1, D2, dan juga yang terakhir ada D3, D1 dan D2 bisa anda gunakan jika kecepatan kendaraan dalam keadaan laju rendah, dan juga anda pastikan jika tuas posisi P, injak rem dan nyalakan mesin, sebelumnya biarkan beberapa saat agar mesin cukup pasa dan anda bisa mengemudikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *