Cegah Malaria Dengan Lakukan Hal Ini!

Malaria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Malaria jarang sekali menular secara langusng dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit ini bisa menular jika terjadi kontak langsung dengan darah penderita. Janin di dalam kandungan juga bisa terinfeksi malaria karena tertular dari darah sang ibu.

Malaria pada intinya merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang disebarkan oleh nyamuk anopheles betina.  Biasanya nyamuk ini akan lebih aktif pada waktu malam hari. Ketika tergigit oleh nyamuk yang terinfeksi oleh parasit Plasmodium ini, parasit akan ikut masuk ke dalam tubuh dan menyebar melalui aliran darah tubuh. Nah kita akan mengulas mengenai 5 cara mengatasi penyakit malaria:

1.Gunakan kelambu anti nyamuk sebelum tidur

Cara terbaik untuk menjaga keluarga Anda aman dari nyamuk di malam hari adalah menggunakan kelambu di atas tempat tidur. Tidak hanya memastikan perlindungan 100%, tetapi cara ini juga bebas dari bahan kimia untuk mengusir nyamuk.

2.Tutup jendela setelah matahari terbenam

Nyamuk mulai beraktivitas dan masuk ke rumah Anda setelah matahari terbenam. Jadi, pastikan jendela Anda tertutup. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat jaring dengan ukuran yang sesuai dengan jendela Anda.

3.Kenakan pakaian lengkap tertutup

Jangan gunakan pakaian terbuka pada saat musim nyamuk berkembang biak. Pertimbangkan untuk mengenakan pakaian lengan atau kaki tertutup dengan warna terang.

4.Jagalah kebersihan lingkungan Anda

Jagalah kebersihan lingkungan di sekitar Anda. Pastikan rumah Anda dibersihkan setiap hari sementara air yang menggenang di sekitar rumah, diurus dengan baik.

5.Konsumsi makanan pencegah malaria

Beberapa makanan seperti jahe, anggur, kayu manis, jerus dan daun basil bisa membantu Anda mengatasi malaria. Campurlah beberapa bahan masakan tersebut agar Anda terhindar dari pernyakit mematikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *