Ini Dia Perkembangan Janin Minggu Ke-4 (1 Bulan) Yang Harus Bunda Ketahui

Image result for perkembangan janin

Seperti yang kita ketahui, bahwa mengandung merupakan hal yang sangat terindah bagi setiap wanita. Akan tetapi, kebanyakan dari ibu hamil juga hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu. Akibatnya adalah ibu hamil tidak tahu apakah janinya tumbuh sehat ataukah justru menjadi janin yang tidak berkembang. Janin berkembang dari mingu ke minggunya mulai dari segumpalan dara sampai membentuknya janin atau bayi dengan organ yang sempurna. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut perkembangan janin minggu ke-4 (1 bulan) :

  1. Perkembangan Di Dalam Rahim

Saat hamil usia 4 minggu,akan ada pembentukan embrio dan bakal janin di dalam rahim dan juga saat usia kandungan minggu ke-4 sangat rawan, dan juga ibu hamil harus lebih hati-hati saat melakukan aktivitas. Berikut proses pembentukan embrio yang ada di dalam rahmi :

  • Embrio atau bakal janin telah tumbuh di dalam rahim ibu.
  • Ukurannya baru sebiji kacang hijau, bahkan jika melakukan USG maka hanya akan terlihat seperti setitik gumpalan darah.
  • Otak, tulang punggung, tulang belakang, dan juga syaraf mendapatkan perkembangan serta berada di lapisan atas.
  • Sel plasenta mulai ada atau sudah terlihat.
  • Sel plasenta membentuk jaringan mikrokopis.
  • Plasenta mampu memberikan nutrisi kepada embrio di dalam rahim.
  1. Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil

Ciri-ciri orang hamil saat usia 4 minggu diantaranya ibu hamil akan merasakan bad mood, mudah marah, dan mudah tersinggung sehingga saat ada perkataan dan juga sensitif terhadap bau-bau yang ada di sekitar misalnya bau masakan, parfum, dan aroma menyengat lainnya. Selain itu juga pada minggu ku-4 ibu hamil akan mengalami hal yang wajar seperti mual, malas, pusing, kepala berat, pegal-pegal sebelum menstruasi, karam, jumlah lendir lebih banyak dan payudara terasa nyeri.

Itulah perkembangan janin minggu ke-4 (1 bulan) semoga dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Dengan mengetahui saat usia kehamilan minggu ke-4 (1 bulan), maka ibu hamil pun harus lebih hati-hati karena usia kandungan di trimester pertama sangat rawan. Di samping itu, bunda juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan asupan nutrisinya. Dalam hal ini, bunda diwajibkan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan asam folat seperti brokoli, ikan tuna, kacang-kacangan, sayuran hijau, umbi-umbian, buah-buahan, dan sebagainya.