Inidia Manfaat Yoga Untuk WanitaHamil Yang Harus Diketahui

Yoga yang merupakan olahraga perpaduan antara fisik dan mental ini ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, terutama sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita yang sedang hamil. Ya. Ada begitu banyak manfat yang didapatkan dengan berlatih prenatal yoga atau yoga hamil. Namun jika pertamakalinya anda berlatih yoga dan merasa cape pada saat mencobanya, jangan lupa untuk melakukan rehat sebentar di sela-sela latihan anda. Jangan memaksakan diri jika memang anda merasa kelelahan, karena berlatih yoga itu yang penting adalah anda merasa nyaman serta rileks sesudah berlatih, sehingga manfaatnya akan terasa oleh anda. Untuk itu dalam artikel kali ini kami akan mencoba untuk mengupas tentang manfaat yoga untuk kesehatan wanita hamil sebagai berikut :

  1. Membantu Tubuh Supaya Tetap Sehat, Kuat, Dan Aktif
    Pada masa kehamilan, tentunya tubuh anda akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Baik itu perubahan pada fisik, hormonal, maupun emosional. Hormon pada tubuh seperti oksitosin, relaxin, prolaktin, progesteron, dan estrogen pada saat anda sedang hamil akan meningkat tajam yang akhirnya bisa membuat tubuh anda mengalami perubahan. Maka dari itu, dengan berlatih prenatal yoga bisa membantu anda untuk beradaftasi secara konsisten terhadap perubahan pada tubuh anda. Perlu diketahui bahwa pada saat mengandung 9 bulan, tentunya area bawah anda akan terasa berat karena membawa beban yang lebih berat dikarenakan bayi yang terus tumbuh pada janin. Sehingga dengan banyak gerakan yoga ini bisa membantu anda untuk tetap kuat dan sehat serta bisa membuat anda menjadi lebih rileks dalam menjalani masa kehamilan.
  2. Belajar Teknik Pernapasan Yang Lebih Baik
    Teknik pernapasan yang baik ini sangat penting, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Karena dengan berlatih teknik pernapasan bisa memberikan efek positif bagi fisik maupun mental anda. Biasanya pada masa kehamilan, akan terjadi perubahan hormon yang bisa mempengaruhi diri anda baik secara fisik maupun emosi atau mood anda yang sering mengalami naik turun tanpa alasan. Bahkan kadang anda akan merasakan kecemasan yang berlebihan yang membuat suami anda merasa kebingungan. Namun jika anda memiliki teknik pernapasan yang baik, tentunya hal tersebut bisa membantu anda untuk mengontrol emosi selama masa kehamilan. Selain itu dengan teknik pernapasan yang baik, bisa meningkatkan kualitas napas anda serta bisa memaksimalkan asupan oksigen bagi anda maupun bagi jabang bayi. Dengan memiliki pernapasan yang baik juga, bisa membantu dalam proses kelahiran bayi karena akan mengurangi rasa sakit selama proses kontraksi.
  3. Membantu Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Dan Mengurangi Sakit Pinggang
    Biasanya keluhan yang sering dialami oleh wanita hamil adalah kehilangan keseimbangan tubuh, dan sering sakit pada bagian pinggang berkepanjangan. Hal ini dikarenakan terjadinya pertumbuhan bayi dalam rahim. Dengan melakukan prenatal yoga, hal ini akan membantu sirkulasi tubuh, melatih kesimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang anda.
  4. Melatih Diri Serta Mempersiapkan Area Pinggul Untuk Proses Melahirkan
    Banyak gerakan pada prenatal yoga yang berguna untuk mempersiapkan otot-otot pada area pinggul supaya lebih fleksibel dan lentur untuk proses kelahiran. Gerakan seperti squat atau jongkok, biasanya akan dilatih berulang kali guna membantu membuka area pelvis dan pinggul.

Yoga ini merupakan olahraga yang tepat dipilih oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan kekuatan fisik yang berlebihan seperti berlari, melompat, ataupun menendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *