Kandungan dan Manfaat Bahan Resep Kue Kukus Tradisional yang Nggak Kampungan

bahan resep kue kukus

Makanan tradisional saat ini mulai bertransformasi menjadi makanan semi modern. Makanan yang tak mau kalah dengan makanan yang dianggap lebih trend dan food booming di kalangan anak muda mileneal maupun masyarakat jaman now. Namun, kudapan tradisional tak kalah bergengsi dengan beragam inovasi yang dikemas untuk memikat diri juga tak tahan untuk mencicipinya. Salah satu penganan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini adalah kue kukus. Kue kukus dengan cita rasa yang khas dan lezat. Tentu dapat menjadi primadona dibandingkan dengan kudapan modern yang tidak memiliki nilai gizi sebaik kue kukus. Bahan-bahan kue kukus masih dapat dibilang alami dan memiliki kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan metabolisme tubuh. Racikan bahan resep kue kukus yang sering dipakai sebagai bahan utama maupun gurnish serta manfaatnya dapat kita ulas satu persatu sebagai berikut.

  1. Pisang
    Buah kuning nan menggoda ini biasa digunakan dalam campuran bahan resep kue kukus yang biasa dibuat oleh bunda di dapur. Tentunya, rasanya yang enak membuat aroma masakan kue kukus menjadi tambah nikmat dan sehat. Kandungan vitamin dan mineral pada buah ini diyakini dapat mengembalikan fungsi-fungsi tubuh yang lelah saat beraktivitas padat. Tentunya kue kukus punya nilai tambah karena tak hanya lezat tapi sangat bagus untuk tubuh. Beberapa manfaat pisan sebagai bahan resep kue kukus ialah mengembalikan fungsi tekanan arteri menjadi normal, menurunnya berat badan, penurunan resiko kurang darah, proses pencernaan membaik, tekanan stress berkurang, charging vitamin tubuh, dan peningkatan energi.
  2. Daun suji dan pandan
    Dua daun ini terbilang hampir mirip antara yang satu dengan yang lain yaitu sama-sama berwarna hijau dan berbentuk pita. Namun, fungsi kedua daun sebagai bahan resep kue kukus memiliki perbedaan. Daun suji dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan dengan hijaunya yang ayu sedangkan daun pandan biasa digunakan untuk memikat aroma makanan terutama roti kukus sehingga aroma alaminya yang khas tidak dapat dikalahkan oleh makanan modern lainnya. Kandungan kimia saponin dan alkoloid pada daun suji dapat menurunkan penyakit disentri, batuk berdarah, nyeri haid, beri-beri, dan menawarkan racun. Sedangkan kandungan kimia daun pandan dapat menurunkan stress, penangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, mencegah kanker, dan mengatasi insomniakarean daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.
  3. Kelapa dan gula merah
    Bahan resep kue kukus yang biasa digunakan untuk menambah aroma gurih ialah parutan kelapa. Parutan kelapa biasa digunakan untuk gurnish kue sehingga terlihat menarik. Kandungan kimia kelapa baik dalam bentuk olahan gula merah mengandung vitamin B yang bermanfaat dalam produksi sel eritrosit dalam tubuh.

Kita sudah mengulas seperti apa kandungan dan manfaat bahan resep kue kukus bagi tubuh. So, masih berani anggap kue kukus tradisional sebagai makanan kampungan yang tak bernilai manfaatnya.