Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pasca Operasi

Biasanya dokter akan menyarankan pasien yang akan melakukan operasi untuk berpuasa, atau mengosongkan perut beberapa jam sebelum operasi tersebut dimulai. Agar proses operasi berjalan dengan baik, apalagi jika operasi tersebut termasuk ke dalam jenis operasi besar. Ada banyak jenis obat untuk mempercepat penyembuhan luka yang bisa anda konsumsi.

Selain itu anda juga bisa menghindari beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi, beberapa saat setelah operasi dilakukan. Hal itu dilakukan untuk membuat luka jahitan menjadi lebih cepat mengering. Serta kondisi tubuh anda pasca operasi juga menjadi lebih cepat pulih. Jenis makanan yang dilarang tersebut, biasanya akan membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih lama atau lambat.

Jenis-Jenis Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Operasi

Beberapa jenis makanan atau minuman tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Makanan atau minuman yang mengandung kafein

Kafein sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, agar menjadi lebih semangat dalam beraktivitas. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Namun bagi anda yang baru saja melakukan operasi, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Karena kafein dapat menghambat nutrisi yang masuk ke tubuh dari makanan sehat atau obat.

2. Minuman yang mengandung alkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa segala jenis minuman yang mengandung alkohol tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika anda baru melakukan operasi, sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Karena hal itu akan menyebabkan rusaknya sel, dan menyebabkan iritasi. Luka jahitan di dalam tubuh juga akan selalu basah, tidak melekat dengan sendirinya.

3. Makanan yang mengandung banyak lemak

Selain mengkonsumsi obat luka operasi yang tepat, anda juga harus membantu penyembuhan luka pasca operasi dengan menghindari makanan yang berlemak. Karena makanan berlemak akan mengganggu pencernaan, dan kemudian tubuh akan kesulitan dalam mensuplai energi. Sehingga proses penyembuhan tidak akan berjalan maksimal.

4. Makanan dengan bahan pengawet

Bahan pengawet sangat tidak baik untuk tubuh, khususnya jika dikonsumsi pasca operasi. Karena makanan tersebut mengandung terlalu banyak zat kimia, yang membuat perut menjadi kembung dan penyembuhan luka menjadi lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *