Nikmati Teduhnya Pohon Cemara di Pantai Goa Cemara

Daerah istimewa Yogyakarta, seperti namanya, adalah istimewa. Provinsi, yang terletak di ujung selatan pulau Jawa, memiliki sejumlah besar kisah yang tak terlupakan. Bagi Anda yang telah melakukan perjalanan ke sini, Anda perlu tahu bagaimana rasanya. Tidak hanya daerah perkotaan yang memiliki potensi wisata, tetapi juga daerah lain, khususnya pantai. Ada beberapa daerah di Yogyakarta dengan banyak potensi wisata bahari, yaitu Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo. Jika Anda ingin mengunjungi pantai pada jarak yang relatif pendek dari kota Jogja, Bantul adalah jawabannya. Pantai terkenal seperti Parangtritis dan Samas pasti biasa. Karenanya telusuri pantai-pantai lain dengan karakter uniknya, seperti pantai Goa Cemara.

Pantai ini unik karena Anda akan melihat ribuan pohon pinus tumbuh di pantai. Semua pinus mekar dan subur sehingga dapat digunakan sebagai tempat berteduh. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Goa Cemara memasuki wilayah Kabupaten Bantul. Hanya di Desa Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta cukup dekat, sekitar 33 km. Kurang dari satu jam Anda dapat mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi. Kondisi berkendara sudah sangat baik. Akses ke pantai selatan daerah Bantul diaspal dan dapat dengan mudah dilewati. Namun untuk menyusuri jalan menuju Pantai Goa Cemara, jalan masih berupa tanah bercampur pasir pantai.

Rute menuju Pantai Goa Cemara dari Kota Yogyakarta sebenarnya sangat mudah. Dari sini Anda hanya perlu berkendara ke selatan Pojok Benteng Kulon. Cukup berjalan lurus di jalan menuju Jalan Bantul. Berkendara ke selatan sampai Anda menemukan Samas Road. Lalu akan ada Tempat Pembayaran Retribusi (TPR). Anda akan diminta untuk membayar tiket sebelum melanjutkan. Setelah membayar di TPR, Anda akan melewati sejumlah pantai. Ikuti petunjuk arah ke pantai Goa Cemara.

Dari arah Gunung Kidul dan ingin tahu tentang pesona pantai Goa Cemara, jarak berkendara sekitar 63 kilometer sekitar 1,5 jam. Rute utama adalah melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Arahkan kendaraan Anda di Jalan Wunut. Kemudian putar kira-kira. 1 km ke kiri di jalan raya Wonosari-Paliyan. Setelah sekitar 4 km, belok kanan ke Jalan Playen Wonosari. Kemudian ikuti jalan dengan urutan Jalan Raya Grilled Wonosari, Jalan Panggang Parangtritis, Jalan Samas Kretek dan Jalan Samas Srigading. Kemudian lanjutkan ke Southern Cross Road, Jalan Rajiman dan ikuti petunjuk ke pantai Goa Cemara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *