Pilek Anak Tak Kunjung Selesai, Apa Penyebabnya?

Hal yang lumrah jika anak-anak mengalami sakit pilek. Pastinya dari kondisi anak yang pilek orang tua akan berusaha membelikan obat pilek untuk anak dan juga membelikan obat semprot hidung di goapotik untuk dapat meredakan pilek yang diderita oleh anak mereka.

Perlu untuk diketahui bahwa pilek sendiri merupakan penyakit yang musiman. Pilek ini merupakan gangguan pada rongga hidung dan anak akan mengeluarkan cairan putih atau ingus disertai dengan gejala seperti demam ringan dan tenggorokan yang terasa gatal. Umumnya, pilek pada anak-anak akan bertahan pada satu hingga dua minggu lamanya. Tentu saja jangka waktu yang begitu lama akan memberatkan anak karena harus menahan sakitnya pada saat pilek. Walaupun begitu, ada juga kejadian yang mana pilek ini tidak kunjung berhenti pada anak selama berbulan-bulan dan tentunya orang tua harus was-was akan kondisi dari pilek sang anak.

Pilek yang tak kunjung sembuh merupakan hal yang perlu ditakuti oleh orang tua terhadap anak mereka. Ada beberapa hal yang memungkinkan pilek sang anak tidak mau kunjung berhenti dalam jangka waktu berbulan-bulan dan diantaranya sebagai berikut:

  1. Sinusitis

Sinusitis merupakan penyakit radang yang terjadi di rongga hidung terutama pada sinus. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya sinusitis adalah infeksi sejumlah bakteri. Salah satu gejala yang dialami oleh penderita sinusitis adalah hidung terlalu mampet, hidung sering mengeluarkan ingus, terasa nyeri di area wajah, dan sering mengalami sakit kepala.

  1. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah penyakit yang menyerang pada selaput lendir saluran pernapasan karena disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu. Rhinitis alergi bisa disebabkan oleh alergi terhadap bulu hewan, asap, debu, serbuk sari, bahkan tungau. Jadi, gejala pada seseorang yang mengidap rhinitis alergi adalah sering bersin-bersin.

  1. Rhinitis Vasomotor

Rhinitis vasomotor adalah peradangan yang terjadi pada area selaput lendir di hidung yang disebabkan oleh benda alergen. Dampak dari adanya rhinitis vasomotor adalah banyaknya seorang mengeluarkan cairan dari hidung yang terkesan mirip dengan pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *